I.
Pendahuluan
Era globalisasi memberi
dampak ganda yaitu disamping membuka kesempatan kerjasama yang seluas-luasnya
antar negara, juga membuka persaingan yang semakin ketat dan tajam dalam segala
bidang pekerjaan. Untuk menghadapi tantangan tersebut di atas, maka Pemerintah
Indonesia harus memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor
dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumberdaya manusia dengan
penguasaan teknologi dan manajemen. Untuk itu pemerintah selalu berusaha
menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.
Penyelenggaraan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) bidang komptensi Usaha Perjalanan Wisata adalah
sebagai wujud nyata salah satu upaya dalam pengembangan sumberdaya manusia yang
dilakukan oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan khususnya di kabupaten
Bantul.
Untuk itulah diadakan
kegiatan Praktek Kerja Industri agar para siswa lebih matang dengan kompetensi
yang dikuasai sesuai dengan apa yang didapat para siswa ketika mereka berada di
sekolahan dengan fasilitas seadanya. Dengan diadakannya kegiatan PRAKERIN ini
para siswa diharapkan mampu mematangkan kemampuan dan daya pikir dalam dunia
kerja.
II. Tujuan
a). Mendorong siswa SMK Tri Praja Bhakti Bambalipuro untuk meningkatkan
kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang mengacu kepada Star
Keterampiran Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Kompetensi Usaha
Perjalanan Wisata. Selain itu juga untuk memantau peta kualitas dan kemampuan siswa
SMK Tri Praja Bhakti Bambanglipuro sesuai dengan Standar Ketrampilan Kerja
Nasilnal Indonesia (SKKNI) dengan Komptensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata.
b). Mempromosikan keterampilan siswaw SMK khususnya Kompetensi Keahlian
Usaha Perjalanan Wisata kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga
kerja
c). Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi
secara positif, untuk menumbuhkan kebanggan dan kepercayaan diri siswa pada
bidang keahlian yang ditekuninya
d). Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan lapangan pekerjaan.
e). Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja
f). Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan
kerja berkualitas
g). Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja
III. Peserta
Peserta adalah siswa/siswi
Kompetensi Keahlian Usaha Perjaanan Wisata serta bersedia taat pada tata tertib
yang berlaku. Program Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tahun ajaran 2011/2012
telah diikuti 18 siswa XI. Berikut adalah daftar peserta program Praktek Kerja
Industri.
No.
|
Nama
|
Jenis Kelamin
|
1.
|
Adistyawati
|
Perempuan
|
2.
|
Aris Rinawan
|
Laki-laki
|
3.
|
Bayu Triwibowo
|
Laki-laki
|
4.
|
dani Sulistyo
|
Laki-laki
|
5.
|
Dheas Agita
|
Laki-laki
|
6.
|
Dwi Kartiko
|
Laki-laki
|
7.
|
Dwi Rahmantro
|
Laki-laki
|
8.
|
Herni Widiyani
|
Perempuan
|
9.
|
Idam Sahdani
|
Laki-laki
|
10.
|
Puput Haryanto
|
Laki-laki
|
11.
|
Riski Sabdo Widoa
|
Laki-laki
|
12.
|
Rusli Anggriawan
|
Laki-laki
|
13.
|
Sri Mulyaningsih
|
Perempuan
|
14.
|
Sumiyati
|
Perempuan
|
15.
|
Tri Puji Rahayu
|
Perempuan
|
16.
|
Tri Warni
|
Perempuan
|
17.
|
Ujang Nur Rokhim
|
Laki-laki
|
18.
|
Violica Anggy
|
Perempuan
|
19.
|
Yeni Suryantrini
|
Perempuan
|
IV. Lingkup Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata
No.
|
Materi Praktek/Pelatihan
|
Dasar Kompetensi Kejuruan
|
|
1.
|
Melaksanakan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
|
2.
|
Melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang
berbeda
|
3.
|
Menerapkan keselamatan, Kesehatan Kerja dan
Lingkungan Hidup (K3LH)
|
4.
|
Menangani konflik konsumen
|
No.
|
Kompetensi Kejuruan
|
1.
|
Melakukan komunikasi melalui telepon
|
2.
|
Melakukan prosedur administrasi
|
3.
|
Menyediakan informasi dan saran mengenai daerah
tujuan wisata
|
4.
|
Menyusun laporan keuangan
|
5.
|
Memproses reservasi jasa reservasi penerbangan udara
|
6.
|
Mengoperasikan sistem reservasi komputer
|
7.
|
Menerbitkan tiket penerbangan domestik
|
8.
|
Memproses dokumen perjalanan selain dokumen
perjalanan udara
|
9.
|
Menerbitkan tiket penerbangan internasional (normal
dan promosi)
|
10.
|
Memproses dokumen perjalanan selain dokumen
perjalanan udara
|
11.
|
Mengemas produk dan jasa pariwisata
|
12.
|
Menyiapkan penawaran harga paket wisata
|
13.
|
Memutakhirkan informasi umum bagi pramuwisata
|
14.
|
Melaksanakan tugas kepramuwisataan
|
15.
|
Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangkatan
|
16.
|
Mengelola perjalanan wisata
|
17.
|
Mempresentasikan komentar pemanduan wisata
|
18.
|
Mengkoordinasikan jasa-jasa pemasok
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar