Senin, 07 Mei 2012

Sharing Night (Malam Apresiasi dan Berbagi SMK Pariwisata Bantul)

Malam Apresiasi dan Berbagi yang bertempat SMK Pariwisata pada tanggal 05 Mei 2012 adalah merupakan acara bertujuan memberikan dorongn dan motivasi bagi para siswa kelas 12 yang telah melalui ujian akhir Nasional di pada tanggal 16-18 April 2012 lalu. Dalam sambutannya pada acara ini, kepala sekolah SMK Pariwisata Bantul, Bapak Sukarno S.Pd mengungkapkan rasa sukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya acara ini, dan beliau juga menyampaikan sambutan hangat pada para tamu undangan, wali murid, guru, siswa kelas 12 dan para hadirin.



Kepala Sekolah, Bapak Sukarno saat memberikan sambutan



Acara ini setidaknya memiliki tiga acara inti yaitu sharing atau berbagi wawasan yang diisi oleh Jhon Smulder seorang praktisi pendidikan berasal dari Negeri Belanda, dan dengan dibantu penterjemah yang juga sekaligus ketua panitia dalam acara ini, Daniel Tri Handarkha. Dalam mengawali sesinya pak Jhon memberikan ilustrasi dari potongan artikel Jakarta Post mengenai sosok Pak Sarwidi yang memiliki mimpi dan kemauan berusaha dalam menjalani hidupnya. Pak Sarwidi merupakan sosok yang memiliki keterbatasan, yaitu tidak memiliki ijazah kelulusan. Namun ditengah keterbatasan yang dimilikinya tersebut, tidak membuat ia patah semangat untuk terus merajut mimpinya menjadi seorang yang berhasil. Demikian harapan yang disampaikan tidak hanya bagi para siswa kelas 12 namun juga kepada Bapak dan Ibu SMK Pariwisata Bantul.


Penyerahan Hasil Pelatihan Penulisan CV
Sesi kedua, yang merupakan inti dari acara malam ini yaitu penyerahan penghargaan berupa hasil pelatihan penulisan lamaran kerja dan riwayat hidup yang diikuti oleh siswa kelas 12 pada tanggal 23 dan 24 April 2012 lalu. Ini merupakan suatu bentuk wujud apresiasi dan dorongan bagi siswa, karena sekalipun masa UAN (ujian akhir nasional) telah dialui, namun para siswa kelas 12 tersebut tetap mengikuti pelatihan dengan rasa kesadaran yang sedang 
bertumbuh. Penyematan pin yang berlogo SMK Tri Praja Bhakti, yang pada kesempatan ini disampaikan langsung oleh kepala sekolah Bapak Sukarno, S.Pd merupakan simbol dukungan atas pencapaian siswa selama tiga tahun. Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa pin ini sebagai lambang, bahwa tahun ini tepatnya pada tanggal 30 April 2012, SMK Tri Praja Bhakti secara resmi telah berganti nama menjadi SMK Pariwisata Bantul.


Penyematan pin SMK Tri Praja Bhakti



Renungan Singkat bagi para siswa kelas 12
Selanjutnya merupakan sesi refleksi atau renungan singkat yang dibawakan oleh Daniel Tri Handarkha dan dikhususkan bagi siswa kelas 12 SMK Pariwisata Bantul. Dalam sesi ini, para siswa diminta untuk mengambil waktu dan sesaat memejamkan mata dan merenungkan kembali atas pencapaian yang mereka dapatkan selama tiga tahun belajar di sekolah. Beberapa pertanyaan panduan diberikan seperti: ketika kelas satu dimanakah posisi mereka duduk pertama kali, adakah kenagan khusus ketika di kelas dua dan apa pencapaian selama kelas 3 serta apa yang akan dilakukan di masa mendatang. Nilai yang dibagi adalah seringkali kita perlu meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan dan memikirkan apa yang telah didapati di masa lalu, hal-hal apa saja yang harus diperbaiki untuk meraih impian di masa depan.






Siswa Kelas 12 Merenungkan Pencapaian Mereka



The Land Idol membawakan tampilan pertama

Rangkaian acara akhir pada malam apresiasi ini adalah ramah tamah, dalam sesi yang lebih santai ini. Suasana malam apresiasi dan berbagi wawasan menjadi meriah namun sarat dengan kekhusukan. Lantunan lagu Ayah yang dipopulerkan oleh Rinto Harahap di masa lalu, terasa masih tetap akrab di telinga bagi setiap hadirin ketika dibawakan oleh The Land Idol, komunitas muda-mudi di Belan, Sidomulyo, Bambanglipuro Bantul. Suasanapun berubah menjadi syahdu ketika salah satu lagu Republik dibawakan oleh The Idol.





The Land Idol ketika membawakan lagu Ayah yang dipopulerkan oleh Rinto Harhap


Sesaat setelah penampilan yang ditampilkan oleh The Land Idol, suasana berubah menjadi haru biru ketika video perpisahan siswa kelas 12 diputar dan dilanjutkan menyanyikan Hymne Guru oleh siswa kelas 12 SMK Pariwisata Bantul. Suasana haru terasa menyebar di ruangan dimana acara perpisahan berlangsung. Setiap hadirin Bapak dan Ibu guru, tamu undangan dan wali murid yang hadir merasakan hal yang sama. Dan akhirnya malam penghargaan pada kesempatan tersebut kiranya tidak hanya ditujukan kepada para siswa semata, namun juga kepada Bapak dan Ibu Guru serta karyawan di SMK Pariwisata Bantul yang selama ini telah melayani siswa-siswinya.



Siswa kelas 12 menyanyikan Hymne Guru



Seuntai harapan menutup acara ini, kiranya apa yang boleh dilakukan pada kesempatan ini memiliki manfaat dan sanggup memacu motivasi bagi siapa saja, secara khusus SMK Pariwisata Bantul untuk terus maju, bermimpi dan berusaha di masa mendatang.


SMK Pariwisata Squad Jaya!!!



Bapak Ibu Guru dan Siswa Kelas 12 SMK Pariwisata Bantul
SMK Pariwisata Bantul Jaya! :)


More to see in this night. .. :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar