Jumat, 07 September 2012

Program Lintas Pendidikan dan Kebudayaan 2012 (SCC Australia dan SMK Pariwisata Bantul


Sudah tiga hari berlalu setelah rombongan Southern Christian College Australia (SCCA) meninggalkan Yogyakarta, tapi rasanya baru kemarin bertemu dengan mereka semua. Letih di badanpun masih belum pulih, apaplagi memori kebersamaan selama satu minggu lalu masih terus terngiang-ngiang dalam ingatan yang rasanya enggan untuk lekas pergi meninggalkan ruang kecil di dalam otak, hati, jiwa dan raga masing-masing mereka yang terlibat di dalamnya.Kira-kira inilah pengalaman selama satu minggu lalu…..Pengalaman lintas pendidikan dan kebudayaan antar negara bukanlah satu hal yang baru terlebih asing di era global saat ini. Terlebih ketika Indonesia berani mengajukan dirinya mengikuti era persaingan global. Hal ini dapat berarti Indonesia terbuka terhadap segala bentuk kerja sama antar negara. Secara khusus, di bidang pendidikan hal tersebut membuka kesempatan selebar-lebarnya akan terjadinya pertukaran ilmu pengetahuan, pendidikan, bahasa dan kebudayaan antar negara. Tahun ini adalah merupakan tahun yang berbeda yang dimiliki oleh SMK Pariwisata Bantul Indonesia, karena pada tahun ini SMK Pariwisata mendapat kunjungan dari sejumlah murid dan guru dari Southern Christian College Australia.Kunjungan inipun dikemas dalam bentuk Program Lintas Pendidikan dan Kebudayaan 2012 antara kedua negara yang dalam hal ini diwakili oleh kedua sekolah tersebut. Terselenggaranya program ini juga tidak semata-mata melibatkan kedua sekolah saja melainkan beberapa pihak seperti Karang Teruna Belan “The Land”, Komisi Pemuda GKJ Sidomulyo dan Fusion Internasional sebagai fasilitator program dan juga diliput oleh Koran Kedaulatan Rakyat sebagai koran media lokal.

Beberapa agenda kegiatan yang mengisi program selama kurang lebih enam hari berturu-turut dapat dibagi menjadi kegiatan pagi, sore dan malam hari yang diisi dengan kegiatan ramah-tamah yaitu: Rabu, 29 Agustus 2012. Di pagi hingga siang hari, sejumlah 10 orang dan dua guru dari Australia membuat batik bersama yang ditemani oleh sejumlah siswa dan guru dari SMK Pariwisata Bantul. Selain membatik, di ruangan berbeda sejumlah siswa SMK Pariwisata Bantul membuat poster semenarik mungkin tentang sekolah mereka saat ini.



Poster Group
Serius membuat Poster

Pada sore hari: murid-murid SCC Australia beramah tamah dengan Komisi Pemuda GKJ SidomlyoPada malam hari: SCC Australia mendapat undangan untuk menonton pertunjukkan kebudayaan wayang orang di Desa Wisata setempat.Kamis, 30 Agustus 2012. Di pagi hingga siang hari: adalah acara Halal Bi Halal atau syawalan dan diisi dengan acara sukuran peresmian perubahan nama SMK Tri Praja Bhakti menjadi SMK Pariwisata Bantul. Di akhir acara syawalan, Pak Scott, Kepala Sekolah dari SCC Australia memberikan sosialisasi permaianan atau olahraga dari Australia yaitu Sepak Bola Australia dan Cricket.


Pak Scott memberikan penjelasan Cricket dan Sepak Bola Australia setelah Acara  Syawalan
Di Sore hari: kembali SCC Australia dan SMK Pariwisata Bantul berkegiata bersama dalam rangka memprakktekkan permainan tradisional dan olahraga dari masing-masing sekolah. SCC Australia melatih siswa SMK Pariwisata bermain Cricket dan Sepak Bola Australia sementara SMK Pariwisata berbagi permainan tradisional Gobak Sodor dan Eggrang. Tidak hanya olahraga dan permainan tersebut, tetapi ada juga permainan Festival seperti kehlian sirkus (Diablo, Piring Putar), bentuk balon, cat wajah, bola besar, permainan Kuda Poni dan Jam berama Tuan Serigala dan Hoky Poky.

Training Mini Festival di sore hari 



Di malam hari: kali ini SCC Australia bertemu dengan karang teruna Belan “The Land” yang dikemas dalam acara ramah tamah. Pada kesempatan ini selain ramah tamah dan Ice Break, Pak Scott menyampaikan sepucuk kartu kepada Venno ketua “The Land”. Kartu tersebut adalah dari teman lama di Ausralia, yang tahun lalu juga berada di tempat yang sama Hannah Charis-Walker. Sesaat suasana menjadi syahdu setelah untaian ucapan salam dari sahabat lama dibacakan oleh Rian salah satu anggota The Land.Jum'at, 31 Agustus 2012Di pagi hingga siang hari: adalah hari berenergi bagi setiap orang, karena pagi ini adalah hari olahraga “Sport’s Day”. Bertempat di lapangan futsal terdekat dari SMK Pariwisata Bantul, pertandingan persaudaraan yang diikuti oleh tim siswa siswi SCC Australia, SMK Pariwisata, karang teruna The Land dan Fusion Internasional. Olah raga yang dipertandingkan adalah Futsal, Cricket dan Sepak Bola Australia. Dalam pertandingan ini, yang terpenting bukanlah kalah atau menang namun nilai suatu kebersamaan antara satu sama lain.

berlari menggiring bola
bermain sportif

Tim Putri Juga tidak mau kalah



Kerjasama Tim

Sportifitas juga ditunjukkan tim putri
Srikandi-srikandi SMK Pariwisata Bantul























Sore harinya kembali di Lapangan Sekolah SMK Pariwisata Bantul, kali ini adalah Mini Festival yang dibawakan dalam rangka dirgahayu Republik Indoneisa pada tanggal 17 Agustus, yang bertemakan Dengan Gelora Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 67 Mari Galakkan Kembali Semangat Kebersamaan Diantara Kita.


Bola di udara, semua mempertahankan agar bola tidak menyentuh tanah selama mungkin.

Festival Kemerdekaan RI ke 67 terbuka bagi siapa saja di lapangan SMK Pariwisata Bantul

Sabtu, 01 September 2012Pagi hari, acara pertama kali adalah foto bersama dari kedua sekolah, kemudian siswa siswi dari kedua sekolah mempresentasikan pengalaman mereka bersama dalam bentuk kelompok yang terdiri dari siswa kedua sekolah. Sesaat setelah selesai mempresentasikan pengalaman mereka, Bu Tanti dari Dinas Pariwisata Bantul memberikan sesi potensi wisata di Kabupaten Bantul kepada kedua sekolah.



Foto Bersama SCC Australia dan SMK Pariwisata Bantul....Josss GAndoss


Sore hari: secara khusus tidak ada agenda kegiatan, melainkan persiapan untuk malam kebudayaan yang juga malam puncak dari program lintas pendidikan dan kebudayaan tahun 2012. Pada persiapannya, karang teruna The Land dengan sigap mengatur setting tempat, kursi, tenda, pencahayaan secara optimal. Tidak hanya mengkoordinasikan hal tersebut, disela-sela persiapan malam kebudyaan ini, The Land juga menyempatkan diri untuk tracking rute sepeda untuk kegiatan besok pagi. Melelahkan??? mungkin iya jawabannya, namun sore ini juga sarat akan semangat kebersamaan dan rasa saling toleransi diantara siapapun yang terlibat karena sesungguhnya, disaat tersebut Karang Teruna The Land tengah mempersiapkan kegiatan panjat pinang yang akan berlangsung di siang hingga sore hari besok.Malam hari: Inilah acara puncak dari Program Lintas Pendidikan dan Kebudayaan 2012. Acara yang sederhana namun sarat makna persatuan, yang dihadiri oleh jajaran MUSPIKA dan ikut diisi oleh Komisi Pemuda GKJ Sidomulyo, siswa-siswi SMK Pariwisata Bantul, perwakilan Fusion Internasional serta siswa-siswi dan guru dari SCC Australia.Minggu, 02 September 2012Pagi hari rombongan SCC Australia beribadah di GKJ Sidomulyo sekaligus perpisahan dengan komisi Pemuda GKJ Sidomulyo.Siang hari: bersama-sama bersepeda menuju ke pembuatan Gerabah di Gunung Puyuh dan melihat jembatan gantung di Gunung Puyuh.


Serius memperhatikan Mas Bimbo cara membuat gerabah


Praktek Membuat Gerabah

  
Bersama Bersepeda ke Pembuatan Gerabah dan Jembatan Gunung Puyuh


Sore hari: menyaksikan Panjat Pinang yang diselenggarakan bersama karang teruna The Land dan diikuti oleh salah satu siswa SCC Australia dan perwakilan tim Fusion Internasional.Kisah meginspirasi dan mengharukan terjadi saat pohon pinang yang dipakai retak dan sempat menghentikkan permainan beberapa saat. Atas semangat kebersamaan dan kesadaran yang tinggi, dengan saling bahu membahu, ditengah-tengah tekanan permainan, dan tanpa mengulur waktu panitia yang terdiri dari Karang Teruna The Land, relawan dan muda-mudi setempat seketika itu juga bergotong royong bersama memperbaiki pohon pinang yang rusak. Hingga akhirnya pohon pinang dapat berdiri condong kembali dan kembali menghibur setiap orang yang menonton dan bahkan berpartisipasi dalam permainan.Senin, 03 September 2012Pagi hari: salam perpisahan SCC Australia pada SMK Pariwisata Bantul, berfoto untuk terakhir kali.Siang hari: kunjungan ke Kraton, Taman Sari, Malioboro, refreshing dengan bernyanyi dan ditutup dengan makan malam bersama.

Selasa, 04 September 2012Rombongan SCC Australia terbang ke Bali lewat Bandara Adi SutjiptoSemoga pengalaman kebersamaan ini tidak hanya menorehkan kenangan di ingatan, hati dan sanubari, namun lebih dari itu memantik semangat untuk tetap konsisten menapaki mimpi dan niatan yang terpatri di hati dan sanubari tiap pribadi sehingga menjadi motivasi untuk memiliki masa depan yang lebih baik.Jos GandhoSSSSUntukSMK Pariwisata BantulSCC AustraliaThe Land Next GenerationKomPa GKJ SidomulyoFusionSekali lagi…..Go ….gO….JOOSSSs…..ggggGGGandhosss…!!  
LidS


1 komentar: