Minggu, 22 Juli 2012

Masa Orientasi Siswa (MOS)



SMK Pariwisata Bantul 16 - 18 Juli 2012


SMK Pariwisata……..
Jalan Parangtritis……
Ora sekolah neng kene……..
Ora pinter…………..
Ora entok gawe……………

(dinyanyikan dengan senandung 'suwe ora jamu')


Demikianlah sebait lirik hasil kreatifitas siswa baru di SMK Pariwisata Bantul. Yel-yel ini hanyalah satu dari beberapa hasil kreatifitas siswa selama Masa Orientasi di sekolah. Yel-yel ini merupakan modifikasi dari siswa saat diminta oleh gurunya untuk membuat lirik baru tentang sekolah yang baru dari salah satu lagu nasional yang telah diajarkan.

Pada tahun ajaran 2012/2013 ini SMK Pariwisata menerima angkatan yang ke V. MOS adalah masa pengenalan atau orientasi siswa terhadap sekolah yang baru. Berdasarkan pemahaman yang sederhana ini juga, maka MOS yang berlangsung pada tanggal 16 – 18 Juli tahun diisi dengan kegiatan yang bermakna dan bersifat membangun rasa saling memiliki, baik diantara sesame juga terhadap sekolah. Kegiatan ini tidak semata-mata bergantung pada kehadiran Bapak dan Ibu guru yang senantiasa mendidik dan mengajar, namun juga terdapat adanya peran aktif keluarga OSIS dan kerja sama dari kakak-kakak kelas yang saat ini duduk dibangku XI dan XII.


Siswa Baru Mengerjakan Tugas 1

Masih Mengerjakan Tugas






Bentuk kreatifitas lain yang juga terlihat dalam MOS kali ini adalah lewat tugas-tugas yang diberikan oleh OSIS kepada siswa baru, yaitu menghias topi caping semenarik mungkin yang kemudian dilombakan, membawa bekal makan siang yang dibungkus daun pisang, menggunakan sepeda selama MOS dan mengajukan beberapa pertanyaan seputar sekolah, pengetahuan potensi wisata lokal dan pengetahuan umum. Salah satu contoh pertanyaan yang sangat jarang sekali terlintas saat ini adalah ‘Siapa yang bisa melafalkan PANCASILA dalam Bahasa Jawa Kromo?’. Tidak banyak yang bisa menjawab, namun ada makna tersendiri yang dapat ditarik yang dapat dinikmati di bagian lain dari tulisan ini. J


Diskusi Kelompok
Antuasiasme diskusi kelompok

Caping hias yang juga dilombakan

OSIS memberikan contoh dalam latihan baris berbaris

Siswa baru angkatan 2012 rapi berbaris

Beberapa kegiatan yang mengisi tiga hari acara MOS yaitu Wiyata Mandala, Lagu-Lagu Nasional, Lingkungan, Motivasi, Kreasi, baris berbaris dan ditutup dengan kegiatan Out Bond di Pantai Gua Cemara. Kolaborasi dan keselarasan kegiatan dalam tiga hari ini dapat dirasakan padat dan bermakna.


Lokasi Outbond

Lingkaran Besar yang terdiri dari Bapak/Ibu Guru dan Siswa

Sambil menunggu teman-teman lain bergabung

Pembagian hadiah pemenang out bond

Panitia OSIS MOS SMK Pariwisata Bantul 2012

SMK BISA!!! Kelegaan Selesainya Tiap Rangkaian Acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar