Senin, 17 Desember 2012

Kunjungan SMKN 6 Yogyakarta dan Tamu dari Jerman

Hari Sabtu, 15 Desember 2012 kemaren SMK Pariwisata Bantul mendapat kunjungan dari SMKN6 Yogyakarta dan tamu dari Jerman. Kunjungan ini bersifat non formal dan bertujuan untuk meningkatkan minat dan memberi motivasi siswa siswi di lingkungan SMK Pariwisata Bantul untuk semakin mencintai ruang lingkup pariwisata. Bapak Sumarwanto, S.Pd, seorang guru dan pengajar bahasa asing di SMKN 6 Yogyakarta datang bersama Stephen dan Gaby tamu dari Jerman yang saat ini adalah siswa beliau di Wisma Bahasa.

Bapak Sumarwanto saat menyampaikan motivasi dan wawasan
Beliau seputar Pariwisata kepada siswa SMK Pariwisata Bantul
Dalam momen tersebut siswa siswi jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) kelas X dan XII terpukau dengan isi motivasi yang disampaikan oleh Bapak Sumarwanto. Beliau menceritakan alangkah menyenangkan menjadi seorang Guide yang selain bekerja juga bisa jalan-jalan gratis dan malah mendapat penghasilan. Beliau juga menekankan bahwa dengan adanya keterbatasan justru kita harus menjadi motivasi terbesar bagi diri sendiri untuk terus maju dan pantang menyerah. Dukungan moral dan motivasi yang Beliau sampaikan ini adalah semata-mata berdasarkan pengalaman Beliau saat duduk dibangku sekolah. Saat itu Beliau harus mengendarai sepeda onthel dari rumahnya di Jokteng (Pojok Benteng) ke SMKN 2 Bantul demi mewujudkan asa dan impiannya kala itu.

Saat ini sosok Bapak Sumarwanto bukan hanya sebagai guru atau pengajar di SMKN 6 Yogyakarta dan Wisma Bahasa Yogyakarta saja, namun Beliau juga adalah seorang pemandu wisata untuk tiga bahasa asing yaitu Perancis, Jerman dan Inggris.


Kiri - Kanan Idham (Kelas XII), Raka (Kelas X) saat memandu
Gaby dan Stephen berkeliling di lingkungan SMK Pariwisata Bantul
Dalam kesempatan ini dengan didampingi oleh Ibu Putu (Kaprodi UPW), Idham (kelas XII) dan Raka (kelas X) mempraktekkan ilmu guiding yang telah diperoleh. Keduanya memandu Stephen dan Gaby untuk berkeliling di lingkungan SMK Pariwisata Bantul dan berinteraksi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sekalipun belum sempurna satu hal yang ditekankan oleh Ibu Putu dalam kesempatan kali ini adalah percaya diri untuk mempraktekkan dan terus melatih diri atas apa yang telah dipelajari.

Di akhir kunjungannya, Bapak Sumarwanto, Stephen dan Gaby sangat tertarik sekali dengan apa yang telah dipraktekkan oleh siswa SMK Pariwisata Bantul. Semoga dukungan motivasi dan wawasan inspiratif yang telah disampaikan hari itu semakin mendorong para insan pariwisata di SMK Pariwisata Bantul untuk kian memiki kecintaan yang besar dan keinginan maju dalam mengembangkan diri demi mengelola potensi pariwisata di sekitar. SPARISTABA  H.E.B.A.T.  [Putu]


Bapak Sumarwanto, Bapak Ambar, Stephen, Gaby, Ibu Putu, Ibu Windi dan Ibu Harti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar