Minggu, 16 Desember 2012

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) 2012/2013

Program PRAKERIN atau PI pada dasarnya adalah program aplikasi dari teori-teori yang telah didapat di SMK. Program ini bersifat wajib dan dapat dilaksanakan di awal studi atau di akhir studi yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan dan merupakan program tahunan yang berkelanjutan. Program ini juga merupakan salah satu syarat bagi siswa untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) nantinya.

Di SMK Pariwisata Bantul, program ini ditujukan bagi siswa kelas XI. Hal ini berdasarkan dua pertimbangan yaitu di kelas X materi yang disampaikan masifh relatif sedikit dan siswa masih baru dengan materi yang disampaikan dan belum siap terjun ke lapangan karena teori baru sedikitsementari bagi siswa kelas XII dipersiapan untuk UKK (Uji Kompetensi Kejuruan) atau disebut juga sebagai ujian praktek dan UAN (Ujian Akhir Nasional).

Bapak Sukarno, S.Pd saat mengantar siswa Kelas XI di
Taman Wisata Candi Prambanan.


Pada tahun ajaran 2012/2013 ini, tepatnya akhir November lalu, sebanyak 16 siswa kelas XI SMK Pariwisata Bantul diantar ke lokasi PRAKERIN oleh Bapak Sukarno, S.Pd (Kepala Sekolah) dan Ibu Putu Hardani, S.ST (Ketua Prodi UPW). Selanjutnya, siswa akan menjalani PRAKERIN di Taman Wisata Candi Prambanan selama 2 (dua) bulan dan 1 (satu) bulan di agen perjalanan (Travel Agent) yang tersebar di Yogyakarta. 

Antusiasme Siswa Kelas XI saat orientasi PRAKERIN
di Taman Wisata Cand Prambanan
Selama tiga bulan menjalani masa PI siswa diberi tugas untuk berinteraksi dengan wisatawan mancanegara sejumlah 25 orang dan memperoleh informasi seperti nama, negara asal, tanda tangan ataupun alamat email para wisatawan tersebut. Sekalipun siswa tidak berada di sekolah, guru terus berpartisipasi aktif dalam melihat proses ataupun perkembangan siswa kelas XI selama masa PI, dimana guru akan mengujungi siswa di tempat PRAKERIN dalam periode dua minggu sekali.

Adapun tujuan akhir dari program PRAKERIN/PI ini adalah siswa menjadi lebih percaya diri untuk menggali (exploring) dan mengembangkan (developing) kemampuan mereka saat kembali ke sekolah. Terlebih penting lagi adalah keinginan siswa untuk lebih maju saat mereka menyelesaikan studi nantinya. [Putu]


Siswa kelas XI saat PRAKERIN di Taman Wista Candi Prambanan, D.I. Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar